Gambaran umum proses pembuatan semen

1 comment
Halo sobat teknik kali ini kita mau ngebahas tentang Gambaran umum proses pembuatan semen
Garis Besar Deskripsi Proses Secara umum, proses pembuatan semen di pabrik semen. terdiri atas :

1. Tahap Penyediaan Bahan Baku 

 Penyediaan bahan baku adalah aktivitas yang dilakukan dari penambangan (Quarry), pemecahan (crushing), dan transportasi hingga bahan baku berada di storage pabrik. Bahan baku industri semen adalah batu kapur (lime stone), tanah liat (clay), pasir besi (iron sand), dan pasir silika (silica sand). Biasanya pada penumpukan bahan baku kedalam storage juga dilakukan pengaturan pencampuran awal (preblending) bahan baku sejenis agar kualitasnya tersebut lebih seragam.

2. Tahap Pengolahan Bahan Baku 

Pada tahap pengolahan bahan baku, terjadi bebrerapa proses yaitu: a. Pencampuran sesama bahan baku sesuai dengan perbandingannya.

b. Pengeringan dan penggilingan bahan baku.
c. Homogenisasi

3. Tahap Pembakaran Raw Meal 

 Pada tahap ini, raw meal akan diolah pada departemen Kiln menghasilkan produk semen setengah jadi yang disebut clinker. Departemen kiln terdiri atas unit-unit suspension preheater, kiln, calsiner, dan cooler. Dalam departemen kiln, raw meal diolah menjadi clinker melalui proses perpindahan panas, pembakaran/reaksi kimia dan pendinginan.

4. Tahap Penggilingan Klinker 

 Semen dihasilkan dengan cara menggiling clinker pada mesin giling cement mill sampai dengan kehalusan tertentu. Pada saat penggilingan, clinker dicampur dengan gypsum (4 % - 6 %) yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas semen. Gambaran umum proses pembuatan semen dapat dilihat pada blok diagram gambar 1 berikut ini.


Gambaran umum proses pembuatan semen Blok diagram pembuatan semen
Blok Diagram Semen

Blok Diagram Pembuatan Semen
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

1 comment:

Unone Indonesia. Powered by Blogger.